--> CARA MENGECAT MOBIL DENGAN BENAR | BISNIS SAMPINGAN

Web ini membantu untuk manjadikan referensi bisnis Anda.

Sunday, September 6, 2020

CARA MENGECAT MOBIL DENGAN BENAR

| Sunday, September 6, 2020

 CARA MENGECAT MOBIL SENDIRI DENGAN BENAR 









Cara mengecat mobil perlu langkah-langkah yang tepat. Mobil merupakan sarana transportasi yang hampir dimiliki sebagian besar orang.

Agar mobil tetap awet dan warnanya tidak kusam, bisa lakukan perawatan. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan yaitu pada bodi mobil.

Meminta bantuan ahli pengecatan mobil pasti biayanya cukup mahal. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya cat mobil anda sendiri.

Saat anda memiliki waktu luang, bersenang-senanglah dengan mengecat mobil sendiri. Ada banyak cara mengecat dengan langkah-langkahnya.

Anda tidak perlu takut memperoleh hasil yang kurang maksimal. Asalkan mematuhi cara dan langkah yang tepat, hasil dijamin tidak mengecewakan.

Anda bisa kontrol kualitas cat untuk lebih hemat biaya juga. Biaya pengecatan bisa anda gunakan untuk kebutuhan lainnya. 


Cara Mengecat Mobil dengan Langkah yang Benar

Seiring berjalannya waktu, mobil yang memiliki warna menarik akan pudar juga. Apalagi mobil sering terpapar sinar matahari, maka akan terlihat kusam.

Alasan inilah mengapa pemilik mobil harus segera melakukan pengecatan ulang. Cara mengecat sebenarnya lumayan sulit.



Tentukan Warna Cat

Langkah awal yang bisa anda lakukan sebelum mengecat mobil adalah menentukan warnanya. Warna menjadi komponen yang perlu dipertimbangkan.

Jangan biarkan warna asal-asalan digunakan untuk bodi mobil. Selain itu, jika warna tidak sesuai, anda mungkin akan bekerja dua kali.

Sehingga pengeluaran anda akan semakin melebar. Siapkan jauh-jauh hari agar saat pengecatan dilakukan, pekerjaan menjadi terkondisikan.

Jika masih bingung, bisa gunakan referensi warna pilihan untuk cat mobil. Dari cara mengecat mobil ini, anda bisa menentukan warna favorit untuk kendaraan kesayangan.


Bersihkan Noda pada Bodi Mobil

Sebelum melakukan pengecatan, sebaiknya bersihkan dulu noda yang menempel pada bodi mobil. Kotoran seperti karat dan debu harus dihilangkan lebih dulu.

Cara menghilangkan noda tersebut gunakan tiner dan keringkan. Selanjutnya, amplas permukaan meta dan bersihkan dengan air dan kain.

Agar terlihat sempurna, bisa anda keringkan di bawah sinar matahari. Letakkan mobil di area terbuka dan berikan pengecatan dasar.

Diamkan cat dasar kering dan tunggu kurang lebih 2 jam. Amplas kembali agar cara mengecat mobil ini memberikan hasil maksimal. Namun, pengamplasan kali ini cukup dengan cara tipis-tipis.


Proses Perlindungan

Cara mengecat selanjutnya, perlu siapkan tahap perlindungan. Lindungi bagian-bagian lain yang tidak ingin dicat dengan menggunakan kertas bekas atau kertas koran.

Tempel pola kertas tersebut ke bagian kaca, lampu spion, lampu utama, dan bagian lainnya. Jika sudah rata, baru tempelkan kertas bekas atau koran tersebut.

Hal ini bertujuan agar cat yang disemprotkan tidak blepotan ke mana-mana. Lebih baik antisipasi dahulu dari pada anda bekerja dua kali.




Pengecatan

Cara mengecat mobil dengan baik yaitu campurkan cat yang akan dipakai secara benar. Biasanya cat mobil dicampur dengan tiner dan tidak boleh terlalu encer maupun kental. Kenali cat yang ingin digunakan.

Jika cat kental, campuran dengan tiner perbandingan 1:2 atau 1 liter cat dan 2 liter tiner. Jika cat yang digunakan encer, campuran perbandingan 1:1. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan warna cat yang bagus. Lakukan pengecatan dengan satu tarikan spot cat saja.

Cara dilakukan untuk menghindari cat yang terlalu tebal. Lakukan pengecatan pada seluruh bodi mobil. Ratakan dengan perlahan untuk memperoleh hasil yang sempurna. Setelah bodi mobil dicat semua, lakukan pengeringan.

Langkah terakhir saat pengecatan inilah yang menentukan warnanya. Biarkan cat kering sempurna dan warnanya akan nampak seperti yang anda inginkan. Mobil menjadi kendaraan roda empat yang memiliki banyak fungsi.

Sebaiknya lakukan perawatan agar mobil tetap awet. Perawatan pada bodi mobil juga bisa dilakukan sendiri. Lakukan pengecatan dengan langkah yang benar. Cara mengecat mobil bisa anda pelajari sebelum mempraktikannya. (R10/HR-Online)

Related Posts

No comments:

Post a Comment