--> Merendam Benih Cabai Rawit | BISNIS SAMPINGAN

Web ini membantu untuk manjadikan referensi bisnis Anda.

Sunday, April 16, 2023

Merendam Benih Cabai Rawit

| Sunday, April 16, 2023

Rendam biji Cabai Rawit dengan air hangat (suhu 35-45 C) selama 3 jam dengan tujuan untuk mematahkan masa dormansi benih (membangunkan benih sekaligus mempercepat berkecambah).

Air yang digunakan untuk merendam sebaiknya air kemasan atau air matang (air yang sudah direbus dan dapat diminum).

Setelah selesai direndam selama 3 jam, selanjutnya ambil biji/benih menggunakan saringan dan cuci dengan air bersih (air matang), lalu tiriskan/entaskan (biarkan di udara terbuka sampai kering sendiri, atau bisa juga diangin-anginkan (dihembuskan angin/kipas angin) agar cepat kering), setelah itu lakukan proses selanjutnya.

Catatan khusus: saat akhir merendam benih/biji Cabai Rawit, ada biji yang mengapung dan ada yang tenggelam. Biji yang mengapung umumnya kecil peluangnya untuk mengeluarkan tunas (bukan berarti tidak bisa sama sekali). Oleh karena itu saat meniriskan biji/benih, pisahkan benih yang mengapung dan yang tenggelam.

Ingat, mengapung atau tenggelamnya biji jangan dilihat saat awal merendam, tetapi dilihat saat akhir merendam.

Jika persediaan benih/biji anda banyak, maka buang saja benih yang mengapung tersebut. Namun jika anda hanya memiliki sedikit benih, jangan dibuang, tetap saja lakukan proses selanjutnya, karena ada kemungkinan benih tersebut tetap dapat bertunas/berkecambah.


Sumber : https://m.andrafarm.com/_andra.php?_i=0-tanaman-kelompok&topik=menyemai&kelompok=Cabai%20Rawit#3

Related Posts

No comments:

Post a Comment