TIPS MEMBUKA USAHA FITNESS

15.48 CEO wongpasar 0 Comments

Tips Membuka Usaha Fitness Center


Dipercaya bahwa Olahraga sudah banyak peminatnya sejak zaman Pra-Sejarah. Dimulai dari aktifitas sehari-hari seperti Bertani dan Berburu para manusia pada jaman tersebut. Olahraga semakin popular setelah populernya Olympic Games (Olimpiade) yang dimulai sejak 776 sebelum Masehi (http://www.olympic.org/ancient-olympic-games).

Olahraga sudah menjadi gaya hidup, karena terbukti secara klinis bahwa dengan berolahraga dapat membawa dampak positif yang banyak sekali, seperti memiliki bentuk tubuh ideal, menjauhkan dari penyakit darah tinggi, penyakit jantung, dan lainnya.

Fitness merupakan salah satu olahraga yang populer dan efektif membentuk tubuh. Alasan inilah yang membuat melonjaknya trend Gym/ Fitness Center di perkotaan. Dengan boomingnya trend tersebut, daerah-daerah selain kota besar pun sekarang sudah mengikuti trend tersebut.

Dengan menjamurnya Fitness di berbagai daerah, dan permintaan yang semakin tinggi, membuka Fitness Center adalah pilihan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan pemilihan ALAT FITNESS (PRODUK) yang bagus, cara PERAWATAN yang benar, dan PENGELOLAAN yang baik, Anda dapat meraup omset yang besar. Berikut merupakan tips agar Fitness Center meraih kesuksesan:

1. Produsen Alat Fitness

Pemilihan produsen sangat krusial. Banyak produsen/penjual alat fitness yang dapat dikanakan “asal jadi”, “asal berbentuk alat fitness”, “asal sambung”. Biasanya yang seperti ini penjual menyewa Tukang Las untuk membuat alat finess, tanpa pengetahuan design alat fitness yang benar. Padahal, factor kenyamanan dan keamanan adalah 2 hal penting untk Alat Fitness. Andapun harus memastikan bahwa produsen Alat Fitness yang anda pilih memiliki system AFTER SALES SERVICE yang dapat diandalkan. Jangan pilih produsen yang ASAL MURAH.

2. Produk (Bahan Baku, Jenis dan Harga)

Alat Fitness yang anda pilih pun harus dipastikan menggunakan bahan baku yang bagus. Contohnya adalah ukuran dan ketebalan besi yang digunakan. Pastikan alat yang anda pilih merupakan tipe Commercial Use, bukan Home Use. Karena Commercial Use dapat digunakan dengan intensitas yang tinggi, dan dirancang untuk Fitness Center.

Sekali lagi, motto ADA HARGA ADA BARANG (KUALITAS) sangat berpengaruh dalam memilih Alat Fitness. Banyak sekali kasus dimana pengelola Fitness Center terpaksa menjual semua alat fitness nya yang dibeli dengan harga murah, dan harus membeli lagi alat dengan kualitas lebih bagus tapi harga lebih tinggi sedikit, karena TIDAK ENAK PAKAI, dan akhirnya mengakibatkan SEPI PENGUNJUNG.

3. Kelengkapan Alat

Kelengkapan  jenis alat yang tersedia di Fitness Center anda harus sangat diperhatikan. Karena jika terlalu sedikit, Member harus antri lama untuk menggunakan, hal tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

4. Lokasi dan Luas Ruangan

Pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian komersil atau perumahan. Lokasi adalah factor penting bagi para member dalam menentukan pilihan dimana Mereka akan berlatih.

Luas Ruangan yang dibutuhkan berkisar dari:
40 m2: 
60 m2: 
100 m2:

5. Fasilitas

Sediakanlah fasilitas tambahan yang dapat menambah kenyamanan bagi para member. Contoh: Cermin di berbagai sudut, Kamar mandi yang bersih, Makanan dan minuman kesehatan, Suplemen, Kostum Fitness, Sound System, Air Minum.

6. Instructor / Personal Trainer

Banyak member Fitness Center yang sangat awam terhadap cara berlatih Fitness dengan baik dan benar. Latihan yang tidak benar dapat membawa mereka ke tingkat KEJENUHAN karena TIDAK ADA HASIL. Sebagian orang harus mendapatkan hasil terlihat agar dapat terus termotivasi dalam melakukan sesuatu.

7. Staff

Staff anda harus terlatih dan memiliki keramahan yang sangat tinggi. Staff yang tidak ramah dapat memberikan atmosfer yang tidak baikdi tempat anda. Anda membutuhkan 4 orang staff yang terdiri dari 2 orang trainer, 2 orang pengelola. Akan lebih sempurna bila ditambah 1 orang lagi sebagai petugas kebersihan.

8. Promo

Untuk memberikan hal berbeda kepada Member Lama, dan untuk menarik Member Baru, Anda dapat memikirkan secara kreatif promo Fitness Center. Misalnya Promo diskon 25% bila Member berlangganan selama 1 tahun, Hadiah Tas bila membawa teman baru, dan lain-lain.

9. Kontes

Hal berbeda dapat memberikan motivasi baru bagi para member. Salah satunya adalah dengan menggunakan kontes. Kontes yang dapat diadakan tentunya harus ada hadiah yang diberikan bagi pemenangnya. Selain itu, kontes internal / eksternal dapat mempererat persahabatan dan kekeluargaan. Hal tersebut dapat meningkatkan kenyamanan para member dan memberikan efek Fitness Center Anda menjadi lebih terkenal di lingkungan.

10. Operasional

Jam Operasional sebuah gym biasa terdiri dari 2 shift. Shift pertama mulai dari jam 7:00 – 14:00, kedua dari 14:00 -21:00. Anda bisa menyesuaikan lagi dengan target member gym.

Analisa Usaha 

Investasi Awal:
- Peralatan fitness Rp. 65.000.000,-
- Kelengkapan tambahan Rp. 29.500.000,-
- Papan nama usaha Rp. 2.800.000,- +
Total investasi awal Rp 99.300.000,-

Proyeksi Pendapatan Setiap Bulan:
- Pendaftaran 45 member baru
+ iuran bulan pertama @ Rp 145.000,- Rp. 6.525.000,-
- Iuran bulana 50 orang @ Rp 95.000,- Rp. 4.750.000,-
- Walk in guest 20 orang @ Rp 20.000,- Rp. 1.200.000,-
- Penjualan minuman, suplemen,
merchandise @ Rp 100.000,-/hari Rp. 3.000.000,- +
Total proyeksi pendapatan/bulan Rp. 15.475.000,-

Proyeksi Biaya Operasional:
- Gaji instruktur senam Rp. 2.475.000,-
- Gaji supervisor fitness Rp. 1.000.000,-
- Gaji kasir dan staff Rp. 2.200.000,-
- Biaya listrik, telepon, dan air Rp. 700.000,-
- Biaya lain-lain Rp. 1.000.000,- +
Proyeksi pengeluaran bulanan Rp. 7. 375.000,-


Total Pendapatan Bersih:
Rp 15.475.000,- – Rp 7.375.000,- = Rp 8.100.000,-/bulan

BOP:
Rp. 99.300.000,- : Rp. 8.100.000,-/bulan = 12,6 bulan

0 komentar:

Popular Posts