--> KANDANG KAMBING ETAWA | BISNIS SAMPINGAN

Web ini membantu untuk manjadikan referensi bisnis Anda.

Tuesday, October 10, 2017

KANDANG KAMBING ETAWA

| Tuesday, October 10, 2017

KANDANG KAMBING ETAWA



Dalam melakukan kegiatan beternak kambing etawa tentu akan muncul persoalan tempat memeliharanya, yaitu kandang kambing.

Sebenarnya kandang kambing etawa secara umum memiliki fungsi yang serupa dengan rumah atau merupakan tempat untuk tinggal bagi ternak, jadi bayangkan saja ketika kita menjadi kambing (hahaha),

Tentu kita harus memiliki keseriusan dan ketelitian dalam membuat kandang agar kandang tersebut menjadi nyaman bagi kambing yang akan tinggal di dalamnya.

Pada perinsipnya membangun kandang etawa adalah memiliki tujuan agar kambing etawa nyaman dan bisa bereproduksi secara normal.




Dalam membangun  kandang kambing etawa hendaknya memiliki fungsi sebagai berikut 

1. Kandang Kambing adalah tempat aktifitas kambing, seperti makan, tidur, kencing, minum dan lain sebagainya.

2. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari panas, hujan, dan terpaan angin.

3. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari pemangsa atau hewan penggangu lainya

4. kandang kambing sebagai pencegah liarnya kambing etawa, atau menghindarkan kambing untuk memakan dan merusak tanaman lain.

5. Kandang kambing sebagai tempat penjagaan dan pengawasan ternak

Membangun kandang kambing etawa memang agak lain dengan membangun kandang ternak seperti sapi atau kambing domba, karena ke unikan kambing etawa ini terlahir dari sebuah kebiasaan masyarakat di sekitar ternak itu berasal dari Kec Kaligesing Kab Purworejo.

Tentu melalui proses perkembangan serta uji kelayakan di lapangan yang cukup lama dan panjang, pembuatan kandang yang dilakukan para peternak di desa kami hingga kini melahirkan desain yang disepakati oleh sebagian besar peternak di lingkungan saya.







Kandang Kambing Etawa biasanya dibuat berpanggung dengan tujuan air kencing dan kotoran bisa jatuh ke bawah melalui sela lantai panggung (tataban), hal ini disebabkan karena kotoran dan air kencing akan menganggu kesehatan ternak jikala bersentuhan langsung dengan kaki kambing.

Lantai bawah panggung biasanya juga merupakan tempat mengumpulkan kotoran kambing yang bisa digunakan menjadi pupuk, bahkan beberapa teman peternak yang sudah maju biasanya membuat lantai ini dengan disemen (lantai) dan dibuat kemiringan agar supaya kotoran mudah mengumpul, bahkan ada juga yang didesain untuk mengumpulkan air kencing kambing yang juga sebagai pupuk.

Membangun kandang kambing etawa memang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman namun jikala terpaksa juga tidak terlalu riskan karena jika kita rajin membersihkan dan dengan sanitasi kandang yang baik tidak menimbulkan bau yang menganggu, kebanyakan peternak di lingkungan saya juga membangun tidak jauh dari rumah, namun jikala anda membangun dengan tujuan untuk memelihara dalam jumlah banyak tentu harus di perhitungkan lebih matang.

Untuk skala pemeliharaan dalam jumlah kecil di bawah sepuluh ekor tentu sangat sederhana dan murah, karena pada perinsipnya se ekor kambing membutuhkan luas 1,5 m untuk ruang geraknya .

Membangun kandang etawa memang harus dibatasi, tentu agar membatasi ruang gerak yang berlebihan, karena jika berlebihan gerak kambing jenis ini akan lama perkembangannya.




Kenapa kandang etawa harus disekat….?

Membuat kandang kambing etawa memang harus disekat antara kambing satu dengan yang lain kambing ras etawa biasanya beradu jika dikelompokan lebih dari 2 ekor yang tidak se induk.

Kandang kambing ini harus memiliki pemisah (sekat) sebab kambing ini memang harus dipisah dari pejantan (trus kapan kawinnya hahaha nanti kita bahas lain postingan tentang siklus birahi dan mengawinkan kambing etawa)

Membuat kandang kambing etawa haruslah memiliki tempat yang tidak terlalu banyak angin karena kambing jenis ini mudah kembung atau memiliki kelemahan tidak tahan terhadap tiupan angin yang terlalu kencang namun harus memiliki ventilasi yang cukup.


Memperhatikan hal hal tersebut Insya Allah menepis anggapan kalo beternak etawa itu susah, bahkan tidak sedikit orang mengira bahwa kambing jenis ini susah di pelihara di daerah datar (atau non pegunungan), sebenarnya hanya karena tidak memahami kemauan dan kebiasaan kambing saja, jika kita memahami dan mempelajari dengan seksama tentu akan mendapatkan solusi dalam beternak kambing ini.

Beternak kambing etawa adalah sebuah Investasi yang nyata dan tak membutuhkan teori stastistik yang muluk muluk, jika petani dilingkungan saya bisa tentu anda juga bisa…..

Beternak Kambing Etawa adalah sebuah usaha yang nyata ……





Related Posts

No comments:

Post a Comment